Minggu, 01 Januari 2012

Tugas 4.2 Tulisan tentang transaksi penjualan (SALES) pada MYOB

Tulisan tentang transaksi penjualan (SALES) pada MYOB

Sales adalah sebuah catatan transaksi penjualam dalam perusahaan yang terdiri atas quote, order dan invoice.
Dalam mencatat transaksi penjualan MYOB Accounting menyediakan tampilan (Lay Out) pada faktur penjualan, sebagai berikut :
- Service, digunakan untuk menampilkan transaksi penjualan jasa dengan keterangan yang panjang.
- Item, digunakan untuk menampilkan transaksi penjualan barang dagang.
- Profesional, digunakan untuk menampilkan beberapa transaksi jenis jasa yang disertai beberapa tanggal.
Pada penjualan barang ada 3 proses yaitu :
1. Quote : Proses ini digunakan untuk rencana pemesanan penjualan
barang. Proses ini tidak berpengaruh terhadap kas, rekening penerimaan ataupun inventory.
2. Order : Proses ini merupakan lanjutan dari Quote ,digunakan untuk merealisasikan penjualan barang. Proses ini tidak berpengaruh terhadap inventory, tetapi berpengaruh terhadap kas jika ada uang muka (Customers Deposit).
3. Invoice : Proses ini merupakan tahap akhir dari pembelian yaitu pembayaran kepada vendor. Proses ini berpengaruh terhadap kas dan Account Recievable (rekening penerimaan). Proses penjualan bisa dimulai secara berurutan atau langsung ke proses yang lebih tinggi urutannya. Proses yang lebih rendah urutannya dapat diubah ke proses yang lebih tinggi tetapi proses sebaliknnya tidak bisa. Pencatatan Penjualan status order Pencatatan penjualan pada umumnya dimulai dengan tahap quote kemudian statusnya diubah menjadi order, dan terakhir Invoice. Tetapi langkah tersebut bisa kita singkat dari status order bahkan langsung ke Invoice. Langkah yang dilakukan adalah sbb.
1. Pada command center klik modul Sales.













2. Setelah itu Klik Enter Sales maka akan muncul tampilan sbb. Pilih jenis penjualannya yaitu Order.













3. Isikan nama pembelinya di field Customer dengan mengklik tombol
segitiga kecil maka akan muncul form pilihan nama-nama pelanggan. Pilih salah satu pelanggan maka tampilan form Sales akan menjadi seperti ini.













4. Ubahlah tampilan dialog window Sales dari penjualan tipe jasa menjadi tipe barang dengan cara klik tombol Layout.
5. Kemudian muncul form Select Layout.













6. Klik pilihan Item maka tampilan form Select Layout akan berubah














7. Klik OK untuk menyimpan perubahan dengan maka tampilan form Sales













8. Isikan jumlah unit yang dijual di kolom Ship misalkan 3.
9. Klik pada kolom Item Number kemudian tekan Enter untuk
menampilkan form daftar pilihan barang yang dijual.


















10. Pilih salah satu barang kemudian klik Use Item untuk kembali ke form
Sales, contoh Memory 1 Gb.
11. Harga akan terisi otomatis pada kolom Price.
12. Jika ada discount isikan di kolom Disc %.
13. Uang muka diisikan di field Paid Today.
14. Jika data-data sudah diisikan secara lengkap seperti contoh di bawah
ini maka klik tombol Record untuk menyimpan.













15. Aktivitas penjualan barang diatas terekam di Transaction Journal di
tab Receipts sedangkan di tab Sales tidak ditemukan transaksi
tersebut hal ini karena status penjualan kita adalah order.












Beberapa Istilah:
Sales = Penjualan
Invoice = Faktur
Ship = Barang yang akan dikirim untuk dijual
Backorder = Pengembalian barang
Item Number = Nomor barang
Description = Keterangan barang
Price = Harga barang
Disc = Potongan Penjualan
Balance due = Saldo jatuh tempo
Freight = Ongkos Angkut
Total Amount = Jumlah Total
Pending = Penundaan Pembayaran
Paid Today = Dibayar sekarang
Amount Received = Jumlah diterima
Finance charge= Denda
Amount Applied = Jumlah yang dibayar


Resensi:
- http://xaxakenzie.blogspot.com/2010/11/sales-pada-myob.html
- http://awsitee.blogspot.com/2010/12/tugas-sia-transaksi-penjualan-pada-myob.html

Tugas 4.1 Resensi Software Akuntansi (MYOB)

Resensi Software Akuntansi (MYOB)
Sejarah Singkat MYOB











MYOB merupakan program computer akuntansi (accounting software),MYOB dimulai di Australia pada tahun 1991 dan merupakan salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan kecil-menengah sampai perusahaan menengah-besar akan sistem manajemen bisnis (business management systems) yang powerful, mudah dan terjangkau.
Banyak penghargaan diterima oleh jajaran produk MYOB sejak tahun 1991 sampai sekarang.
Sukses ini kemudian berkembang ke seluruh dunia,MYOB pada tahun itu juga memenangkan MacWorld Award untuk kategori Best Accounting Software dan kategori Best Newcomer Software.
Tahun 1996, MYOB Inc., terus berkembang dan bergerak dibawah payung MYOB Limited. MYOB kemudian mengembangkan 6 cabang untuk meng-cover pemasaran MYOB di seluruh dunia, yaitu MYOB US, Inc., MYOB Canada Inc., MYOB Australia Pty Ltd., MYOB New Zealand, MYOB UK Ltd. dan MYOB Asia, yang saat ini terus berkembang dengan munculnya versi khusus negara lainnya, versi Malaysia adalah yang pertama dia Asia, sebelum munculnya versi Singapura, Hongkong dan Asia-International, dan sekarang telah lebih banyak lagi versi negara yang tersedia.
MYOB Accounting versi 15.0 dan Premier versi 9.0 merupakan program yang sudah di operasionalkan oleh para pengolah data-data keuangan. Dengan adanya MYOB Accounting rilis yang baru versi 17.0 menjadi mempermudah dalam penyajian laporan keuangan, khususnya dalam lingkup Accounting Financial (akuntansi keuangan). Namun untuk pembahasan ini lebih memfokuskan pada MYOB Accounting versi 15.0. Berdasarkan komparatif secara fisik terlihat perbedaan antara MYOB Accounting versi 15.0 dengan versi Premier 9.0.

• MYOB Accounting versi 15.0 digunakan untuk kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan satu sistem mata uang (single currency). Ex, rupiah. Kegiatan administrasinya pun hanya menggunakan satu komputer saja.















• MYOB Premier 9.0 digunakan untuk kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan berbagai mata uang (multi currency). Ex, IDR dan U$$. Kegiatan administrasinya biasanya melibatkan banyak komputer yang berhubungan satu sama lain (integrated networking).
















Dengan berkembangnya informasi keuangan yang bersifat urgent. Sehingga diperlukan suatu instrument pengolahan data-data keuangan menjadi informasi keuangan yang bersifat final. MYOB sebagai software yang mampu mengolah setiap input data menjadi output informasi secara cepat. Namun perlu diketahui bahwa MYOB dibuat untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan. Menutup kemungkinan bahwa software MYOB bisa dioperasionalisasikan untuk membuat laporan keuangan seperti yang lazim dalam Accounting Based (Akuntansi Dasar).
Kegunaan MYOB dalam kegiatan administrasi perusahaan
Berikut kegunaan MYOB dalam kegiatan administrasi perusahaan:
• Alat bantu orang - orang untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi
• Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
• Mengerti lebih dalam bisnis
• membantu kita dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi - semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.
• Mengelola barang dagangan
• Untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan,dll
Peranan MYOB dalam siklus akuntansi perusahaan jasa
• Sebagai alat komunikasi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam proses implimentasi dalam pengoperasian MYOB
• Sebagai alat untuk mempermudahkan kita untuk mencatat transaksi dalam perusahaan jasa
Kelebihan lain dalam MYOB adalah :
1. MYOB Accounting Software dapat melakukan analisa bisnis
- Memiliki lebih dari 160 laporan dan chart
- Nilai Profit & Loss dan Balance Sheet terbaru
- Membuat laporan yang menyeluruh, yang kemudian dirubah dalam Ms.Excel file untuk melakukan analisa lebih dalam.
- Menggunakan Company Data Auditor untuk mendeteksi kesalahan
2. Kelola customer dengan efektif
MYOB Accounting Software dapat memberikan laporan penjualan dan informasi dari customer dengan cepat dan akurat. Karena semua laporan dapat diexport ke berbagai format yang berbeda.
3. Membuat Customize Form
Dapat mendesign sendiri invoice dan laporan keuangan sesuai keinginan, seperti membuat formulir dengan menambahkan logo, customize text, header, dan subtitle.
4. Pengelolaan Inventory yang menyeluruh
MYOB secara otomatis meng-adjust inventory saat terjadi proses penjualan. Selain itu, MYOB dapat merecall, edit, reverse, dan delete inventory adjustment dan transfer seperti yang dilakukan pada transaksi yang sudah tercatat. MYOB juga memiliki fitur yang canggih dalam penetapan harga acuan dengan lima quantity break dan enam level penetapan harga. Memungkinkan anda melakukan pemetaan harga dan strategi penjualan berdasarkan status pelanggan.
5. Invoice pelanggan melalui email
Dengan MYOB anda dapat menghemat biaya surat-menyurat dan perlengkapan kantor lainnya, karena dikirim melalui email. MYOB telah compatible dengan Microsoft Outlook dan Netscape Messanger.
6. Company Data Auditor
Adalah sebuah rangkaian checklist atas integritas seluruh proses data anda.
Kekurangan lain dalam MYOB adalah :
1. Database MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit.
2. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada fitur perpajakan didalamnya.
3. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul.
4. Untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi.
5. Kelemahan multi warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola didalam MYOB.
6. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
Fungsi dari masing-masing tombol akses pada MYOB adalah :
• Open, untuk membuka salah satu file yang telah dibuat.
• Create, untuk membuat data perusahaan baru.
• Explore, menampilkan data contoh yang telah disediakan MYOB
• What’s New, menampilkan informasi fitur-fitur terbaru dari MYOB.
• Exit, untuk mengakhiri program MYOB

AREA KERJA PADA MYOB











Command Centre
merupakan pembagian dari kegiatan atau transaksi perusahaan, terdiri dari :
1. Accounts
2. Banking
3. Sales
4. Time Billing
5. Purchases
6. Payroll
7. Inventory
8. Card File

Command Button
merupakan bagan alur transaksi dari modul Command Centre
Command Panel
menampilkan hasil pengolahan dari transaksi yang telah diinput, terdiri dari: To Do List (tugas rutin), Find Transaction (pencarian transaksi), Reports (laporan), Analysis (analisa keuangan)

MODUL ACCOUNT
Modul Account berfungsi untuk menciptakan nomor- nomor akun yang terdapat dalam perhitungan laporan keuangan Perusahaan.
Adapun Langkah-langkah membuat nomor akun adalah:
Klik MODUL ACCOUNT – ACCOUNT LIST – NEW.

PENJELASAN MODUL ACCOUNT














Assets (Aktiva)
• Bank : uang di bank seperti tabungan dan giro
• Account Receivable (Piutang dagang) Piutang yang timbul karena usaha
• Other current asset (Aktiva lancar lain) : Aktiva yang dapat diuangkan dalam waktu setahun, seperti piutang dagang dan daks kecil. Biasanya aktiva ini nilainya tidak akan berkurang secara signifikan dealam jangka pendek
• Fixed asset (Aktiva tetap) : Aktiva dengan usia pemakaian yang lama, seperti bangunan dan mobil. Aktiva ini biasanya disusutkan.
• Other assets ( Aktiva Lain) : Aktiva-aktiva lainnya, baik berwujud seperti sewa dibayar dimuka, maupun tak berwujud seperti goodwill

Liability (Kewajiban)
• Credit Card: utang ke penyedia jasa kartu kredit
• Accounts liability (kewajiban lancar): Utang yang timbul karena usaha
• Other Current Liability (kewajiban lancar lain): kewajiban lancar yang jatuh tempo kurang dari setahun, seperti PPN keluaran
• Long term Liability (Kewajiban jangka pancang): Kewajiban yang jatuh tempo lebih dari setahun, seperti hipotik
• Other Liability (Kewajiban Lain) Kewajiban-kewajiban lainnya, seperti beban listrik yang masih harus dibayar

Equity (Ekuitas)
• Harga Bersih Perusahaan, merupakan selisih assets dan liabilities, seperti laba tahun berjalan, laba ditahan, Prive dan saham pemilik

Income (Pendapatan): Pendapatan dari penulana Produk dan jasa
Cost of sales (Harga pokok penjualan) Biaya langsung dari penjualan produk, seperti pembelian barang baku, angkutan dan komisi
Expense (Beban): Beban Overhead, Beban sehari-hari, yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis seperti iklan, upah dan gaji.
Other Income (Pendapatan Lain-lain) Pendapatan yang tidak langsung berkaitan dengan Operasi perusahaan seperti pendapatan bunga.
Other Expense (Beban Lain-lain): Beban yang tidak langsung berkaitan dengan opreasi persuahaan beban kerusakan dan beban bunga

Referensi:
- http://www.anneahira.com/artikel-umum/myob.htm
- http://duniaantirio.blogspot.com/2010/11/software-akuntansi-myob.html
- http://dini-twilightsaga.blogspot.com/2010/10/software-akuntansi-myob.html
- http://suhendri-nasution.com/index.php?option=com_content&view=article&id=15:myob&catid=11:myob&Itemid=14