Senin, 30 November 2009

MULTIPLEKSER

Fungsi yang dibentuk oleh selektor data atau multiplekser adalah memilih diantara kanal n sebagai sumber data yang masuk dan mentrasmisikan data masuk kesaluran saluran informasi tunggal. Gambar menunjukan sebuah blok diagram pada komutator analog 16 masukan yang merupakan ilustrasi dari cara kerja sebuah Ilustrasi multiplekser

Saklar S2 tertutup untuk interval waktu kedua, S3 memancarkan untuk perioda ketiga dan seterusnya. Pada gambar 2.6 Cn (n = 1,2,3,4, ….16) adalah tegangan kendali digital yang didapat dalam sebuah pembalik (inverter). Jika Cn sama dengan biner 1 maka gerbang CMOS meneruskan sinyal analog Vn ke keluaran, tapi jika Cn adalah biner 0 maka trasmisi tidak diizinkan.

Diagram penghasil tegangan kendali digital
Gambar diatas adalah diagram sistem untuk menghasilkan tegangan kendali Cn yang diperlukan suatu multiplekser. Pengendali Cn merupakan keluaran dari garis ke n dari dekoder 1 ke 16 baris. 4 baris alamat A,B,C dan D merupakan keluaran dari pencacah (counter) biner yang dirangsang dengan sebuah generator pulsa jika interval waktu antara pulsa sama dengan T maka pengadaan menurut waktu.
Multiplekser Analog 4051
Dari penjabaran diatas diterangkan bahwa multiplekser analog adalah suatu sistem penyaluran data (analog) dari sejumlah n kanal ke satu kanal keluaran. Pemilihan salah satu kanal untuk dihubungkan ke saluran ditentukan oleh kode biner yang spesifik. Misalnya, saat kode biner menunjukkan atau mempunyai kombinasi 010 maka berarti sinyal yang dihubungkan ke saluran keluaran adalah sinyal informasi yang kedua yaitu dalam pencacah biner 3 bit. Beikut ini adalah Gambar dari sebuah multiplekser tipe 4051.

Diagram logika dari multiplekser analog 4051


susunan kaki dari multiplekser analog 4051
Dalam penelitian ini multiplekser analogIC 4051 digunakan untuk memasukkan sinyal input analog dari sensor suhu dan intensitas cahaya ke ADC secara bergantian dengan mengatur sinyal kontrol dari A, B dan C. IC ini akan bekerja sesuai dengan tabel kebenaran sebagai berikut.
Tabel kebenaran multiplekser 4051dengan tag: [ Data, Multiplexing, Selector ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar