Rabu, 14 April 2010

Tugas 5

1. apa yang anda ketahui tentang konflik? jelaskan menurut pendapat anda?
2. Apa yang menyebabkan timbulnya konflik diantara kelompok? Jelaskan!
3. mengapa orang beranggap bahwa pertentangan kelompok itu bersifat negatif?
jelaskan?
4. Menurut jenisnya konflik ada 4 yaitu : Personal role conflict, Inter role conflict ,Intersender conflict, Intrasender conflict. Berikan masing - masing contohnya sesuai dengan konflik yang pernah anda alami atau yang pernah anda lihat ?
5. mengapa hidup harus ada konflik ? jelaskan menurut anda?
Jawab:
1. Konflik adalah : Sikap saling mempertahankan diri sekurang-kurangnya diantara dua kelompok, yang memiliki tujuan dan pandangan berbeda, dalam upaya mencapai satu tujuan sehingga mereka berada dalam posisi oposisi, bukan kerjasama. Konflik dapat berupa perselisihan (disagreement), adanya ketegangan (the presence of tension), atau munculnya kesulitan-kesulitan lain di antara dua pihak atau lebih. Konflik sering menimbulkan sikap oposisi antara kedua belah pihak, sampai kepada tahap di mana pihak-pihak yang terlibat memandang satu sama lain sebagai penghalang dan pengganggu tercapainya kebutuhan dan tujuan masing masing.
2. Setiap manusia adalah individu yang unik. Artinya, setiap orang memiliki pendirian dan perasaan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Perbedaan pendirian dan perasaan akan sesuatu hal atau lingkungan yang nyata ini dapat menjadi faktor penyebab konflik sosial, sebab dalam menjalani hubungan sosial, seseorang tidak selalu sejalan dengan kelompoknya.
3. Karena didalam suatu kelompok itu terdapat individu yang memiliki pendirian dan perasaan berbeda. Jika terjadi pertentangan antar anggotanya ditakutkan para individu itu tidak dapat mengontrol emosinya masing-masing yang mengakibatkan terjadinya kerusuhan.
4. - Personal role conflict , hal ini dapat terjadi di dalam diri seseorang, dimana peraturan yang berlaku tak dapat diterima oleh seseorang sehingga orang itu memilih untuk tidak melaksanakan sesuatu sesuai dengan peraturan yang berlaku tersebut. Contoh: Pemerintah melarang meroko ditempat umum tapi masih banyak masyarakat yang melanggarnya.
- Inter role conflict, dimana orang menghadapi persoalan karena dia menjabat dua atau lebih fungsi yang saling bertentangan. Contoh: anggota serikat pekerja yang juga pengawas atau mandor perusahaan.
- Intersender confict, konflik yang timbul karena seseorang harus memenuhi harapan beberapa orang yang saling berbeda. Contoh: Misalnya Raski sedang mengikuti pertandingan karate, dia harus berusaha untuk memenuhi harapan keluarganya yang mengharapkan dia menang.
- Intrasender conflict, konflik timbul karena disampaikannya informasi yang saling bertentangan. Contoh: Misalnya adi memberikan informasi kepada edo Tapi Informasi yang diberikan adi ke edo berbeda dengan informasi yang diberikan Erwin.
5. Karena Manusia memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Dari pemikiran yang bebeda-beda itulah akan terjadi konflik. Dari konflik itulah Manusia harus saling berinteraksi untuk menyelesaikan konflik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar