Sabtu, 24 April 2010

Tugas 7

Pertanyaan:
1. Sebutkan perbedaan antara keputusan dengan pengambilan keputusan?
2. Sebutkan dan jelaskan proses pengambilan keputusan?
3. Menurut pendapat saudara mana yang lebih baik mengambil keputusan sendiri atau megambil keputusan secara kelompok? Jelaskan!
4. Mengapa setiap orang yang membuat suatu keputusan selalu diaphadapkan dengan kondisi Certainly, risk dan uncertainly, jelaskan pendapat saudara?
Jawab:
1. Keputusan adalah suatu reaksi terhadap beberapa solusi alternatif yang dilakukan secara sadar dengan cara menganalisa kemungkinan - kemungkinan dari alternatif tersebut bersama konsekuensinya.
Pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan yang sistematis terhadap hakekat suatu masalah dengan pengumpulan fakta-fakta dan data, menentukan alternatif yang matang untuk mengambil suatu tindakan yang tepat.
2. -Intelligence : Pengumpulan informasi untuk mengidentifikasikan permasalahan.
-Design : Tahap perancangan solusi dalam bentuk alternatif2 pemecahan masalah.
-Choice : Tahap memilih dari solusi dari alternatif2 yg disediakan.
-Implementation : Tahap melaksanakan keputusan dan melaporkan hasilnya.
3. Mengambil keputusan secara sendiri atau secara kelompok sama baiknya. Tetapi bila ingin lebih efektif mendingan mengambil keputusan secara kelompok apalagi bila mengambil keputusan itu menyangkut tentang organisasi ataupun perusahaan. Karena mengambil keputusan secara kelompok itu kita dapat mendengarkan pendapat-pendapat yang diberikan oleh anggota kelompok dan dapat mengambil keputusan dari macam-macam pendapat yang diberikan oleh anggota kelompok. Lainnya halnya mengambil keputusan secara sendiri kita hanya dapat mengandalkan pendapat kita sendiri yang menurut kita benar tetapi belum tentu itu tepat untuk menyelesaikan masalah.
4. Dalam mengambil keputusan kita pasti dihadapkan dengan pemikiran untuk menyelesaikan masalah itu. Pemikiran itu kadangkala membuat kita ragu apakah pemikiran kita dapat menyelesaikan masalah atau menambah memperburuk masalah. Resiko itulah yang harus kita ambil dalam mengambil suatu keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar