Selasa, 28 September 2010

Gambaran Umum dan Struktur SIM

Gambaran Umum dan Struktur SIM

PENDAHULUAN
Definisi system informasi manajemen yang dikemukakan oleh beberapa ahli dengan penekanan yang berbeda tetapi satu makna. Pada intinya beberapa ahli menekankan bahwa system informasi manajemen merupakan alat penghasil informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan. SIM mempunyai struktur dalam Pengoprasiannya yaitu struktur formal dan non formal. Struktur ini akan dibahas dalam kolom pembahasan.
PEMBAHASAN
Gambaran Umum SIM
SIM terdiri dari beberapa kata yaitu Sistem, Informasi, dan Manajemen. Dari kata-kata tersebut memiliki penjelasan atau arti yang berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasan dari kata-kata tersebut, yaitu:
Sistem
Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Informasi
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
Manajemen
Manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
SIM ( Sistem Informasi Manajemen)
Dengan kata lain sistem informasi manajemen adalah Sistem informasi yang menyediakan laporan-laporan bagi pihak manajemen berdasarkan pemrosesan transaksi dan operasi-operasi yang ada dalam Organisasi.
SIM secara khusus memiliki beberapa kemampuan teknis sesuai yang direncanakan baginya. Secara kolektif kemampuan ini menyangkal pernyataan bahwa komputer hanyalah mesin penjumlah atau kalkulator yang berkapasitas tinggi, sebenarnya komputer tidak dapat mengerjakan sesuatu ia hanya mengerjakan lebih cepat.
Struktur SIM
Struktur sistem informasi pada dasarnya dibedakan menjadi dua yaitu sistem yang terstruktur (formal) dan sistem yang tidak terstruktur (non formal). Sistem formal adalah sistem yang berjalan menurut norma-norma organisasi yang berlaku pada semua orang, sesuai dengan kedudukannya dalam organisasi. Sistem ini tergantung kepada tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang dibebankan kepada pemegang jabatan organisasi. Sistem nonformal adalah sistem yang berlaku di lingkungan organisasi melalui saluran-saluran tidak resmi, tetapi mempunyai pengaruh cukup kuat dalam kehidupan organisasi yang bersangkutan (Gordon,1999).
Berikut ini adalah beberapa struktur SIM:
1. Struktur sistem informasi berdasarkan kegiatan manajemen
Kegiatan perencanaan dan pengendalian manajemen dibagi atas tiga macam yaitu: kontrol operasional, kontrol manajemen, dan perencanaan strategi. Dukungan pengolahan untuk pengendalian operasional terdiri atas: pengolahan transaksi, pengolahan laporan, dan pengolahan pertanyaan (Gordon,1999).
2. Struktur sistem informasi berdasarkan fungsi organisasi
Setiap informasi dapat dianggap sebagai kumpulan subsistem yang didasarkan atas fungsi yang dilaksanakan dalam organisasi. subsistem-subsistem yang umum adalahh sebagai fungsi-fungsi utama suatu organisasi dalam pemasaran, produk, logistik, personalia, keuangan dan akuntansi. Setiap fungsi akan melakukan kegiatan sebagai subsistem informasi untuk mendukung pengendalian operasional, pengendalian manajemen dan pengendalian strategi.
3. Struktur sistem informasi manajemen secara konseptual dan fisik
Struktur sistem informasi manajemen (SIM) dapat pula dipandang menurut konsep struktural yang memungkinkan pembahasan dan perancangan sistem fisik yang akan mendefinisikan cara pelaksanaan SIM.
PENUTUP
Kesimpulan:
- SIM terdiri dari beberapa kata yaitu Sistem, Informasi, dan Manajemen. Dari kata-kata tersebut memiliki penjelasan atau arti yang berbeda-beda.
- Struktur sistem informasi pada dasarnya dibedakan menjadi dua yaitu sistem yang terstruktur (formal) dan sistem yang tidak terstruktur (non formal).
Saran:
Perhatikan struktur-struktur pada SIM agar melakukan proses SIM dengan lancar.
REFERENSI
- http://blog.re.or.id/struktur-sistem-informasi-manajemen.htm
- http://syopian.net/blog/?p=796
- file.upi.edu/ai.php?dir=Direktori/...Modul%20perkuliahan%20SIM...
- http://www.docstoc.com/docs/22289526/Struktur-Sistem-Informasi-Manajemen
- www.pdf-searcher.com/BAB-I-GAMBARAN-UMUM-SISTEM-INFORMASI-MANAJEMEN.html -
- dedihendriana.files.wordpress.com/2007/11/sim.pp
- miftah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/13146/struktur+sim.pdf –
- nissaajah91.wordpress.com/.../makalah-struktur-sistem-informasi-manajemen/
- ranisuryanirosa.blogspot.com/.../struktur-sistem-informasi-manajemen.html –
- www.kppn-tanjungredeb.net/.../bab2-struktur_sistem_informasi_manajemen.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar