Selasa, 28 September 2010

Komponen-Komponen Pendukung SIM

Komponen-Komponen Pendukung SIM

PENDAHULUAN
Komponen sangat membantu dalam prosesan SIM karena bila tidak mempunyai komponen pendukung, SIM tidak akan berjalan maksimal. Banyak para ahli yang berpendapat tentang komponen pendukung seperti Stair (1991), bruch dan grudnistki (1986), Davis (1995). Dari ketiga para ahli itu sebenarnya penhertiannya sama bahwa komponen computer terdiri dari: perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), Database, Pemakai, dan prosedur. Dari ketiga para ahli itu akan dibahas didalam kolom pembahasan.
PEMBAHASAN
Komponen sistem informasi manajemen adalah seluruh elemen yang membentuk atau mendukung pengoprasian suatu sistem informasi. Komponen pendukung sangat penting dalam berbagai hal termasuk dalam system informasi manajemen (SIM). Komponen pendukung menunjang kerja dari SIM agar mendapatkan hasil yang tepat dan akurat. Berikut ini pendapat beberapa ahli tentang komponen pendukung SIM, yaitu:
Stair (1991) menjelaskan Bahwa system informasi berbasis computer ( CBIS) dalam suatu organisasi terdiri dari komponen-komponen berikut:
a. Perangkat Keras, yaitu perangkat keras komponen untuk melengkapi data, memperoses data, dan keluaran data.
b. Perangkat lunak, yaitu program dan instruksi yang diberikan ke computer.
c. Database, yaitu kumpulan data dan informasi yang diorganisasikan rupa sehingga mudah diakses pengguna informasi.
d. Telekomunkasi, yaitu komunikasi yang menghubungkan antara pengguna system computer secara bertanggung ajawab terhadap perawatan system.
e. Manusia, yaitu personal dari system informasi, meliputi manajer, analis, programer, dan operator, seta tanggung jawab terhadap sistem.
f. Prosedur , yaitu tatacara yang meliputi strategi, kebijakan, metode, dan peraturan-peraturan dalam menggunakan system informasi berbasis computer.
Sedangkan menurut bruch dan grudnistki (1986) berpendapat, Sistem yang terdiri dari komponen-komponen diatas disebut dengan istilah sebagai berikut:
1. Blok masukan. input mewakili data yang masuk kedalam system informasi.
2. Blok model. Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logical, dan model matematika yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara tertenbtu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3. Blok keluaran. Produk dari system informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkat manajemen serta semua pemakai system.
4. Blok teknologi. Teknologi merupakan alat dalam informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model menyimpanan mengakses data, menghasilkan System secara keseluruhan.
5. Blok Database. Database merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras computer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
6. Blok kendali. Penegndalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusdak system dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalaahn dapat langsung diatasi.
Sebagai sustu system, keenam blok tersebut masing-masing saling berinteraksi satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai sasarannya.
Sedangkan menurut Davis (1995), system informasi manajemen terdiri dari elemen-elemen berikut:
1. Perangkat keras komputer (hardware).
2. Perangkat lunak ( software), yang terdiri dari perangkat lunak system umum, perangkat lunak terapan, dan program aplikasi.
3. Database.
4. Prosedur.
5. Petugas operasional.
Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa komponen system informasi terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), database, pemakai, dan prosedur. Komponenkomponen pendukung tersebut saling berinteraksi atau berhubungan untuk memaksimalkan kinerja dari system informasi manajemen (SIM).
PENUTUP
Kesimpulan:
Komponen SIM sangat berguna bagi SIM untuk memaksimalkan kinerjanya. Komponen pembentuk SIM terdiri dari: perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), database, pemakai, dan prosedur.
Saran:
Maksimalkan komponen pendukung SIM agar dapat hasil yang memuaskan.
REFERENSI
- http://books.google.co.id/books?id=oHi8C1W4N7wC&pg=PA9&dq=komponen+sistem+informasi+manajemen&hl=id&ei=rH-fTNeKEdSpcczgmMAJ&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=6&ved=0CD0Q6AEwBQ#v=onepage&q=komponen%20sistem%20informasi%20manajemen&f=false
- http://leoalberto.wordpress.com/2008/11/14/sistem-informasi-manajemen/
- http://blog.re.or.id/komponen-sistem-informasi-manajemen.htm
- http://viansari.blogdetik.com/2009/10/23/mengulik-definisi-fungsi-serta-komponen-komponen-sim/
- adiprtm.dikti.net/sim/SIM%20sess_3.ppt –
- 22adi.blogspot.com/2010/01/komponen-pendukung-sim.html –
- http://carolinaniken.blogspot.com/2010/01/komponen-sistem-informasi-manajemen.html
- www.docstoc.com/docs/.../Struktur-Sistem-Informasi-Manajemen
- syopian.net/blog/?p=334
- jarodsolo.blogspot.com/2009/01/komponen-sim.html -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar